Pages

Wednesday, May 19, 2010

Memilih CMS Open Source untuk e-Commerce

Banyaknya cms (content management system) membuat kita bingung untuk menentukan mana yang terbaik dan sesuai kebutuhan kita. Berikut ini adalah beberapa CMS yang mengkhususkan diri sebagai CMS ecommerce. Urutannya berdasarkan rating pembaca dari http://www.opensourcecms.com
  • PrestaShop, CMS ini memiliki banyak keunggulan, sangat lengkap disamping itu juga sangat ringan ( kurang dari 2 MB), cukup mudah didownload, install dan diupdate.
  • Magento, Memiliki slogan "ecommerce platform for growth" tidak salah jika anda ingin mencobanya, karena Magento merupakan open source ecommerce profesional yang memberikan kontrol dan fleksibiltas. Didesain dengan catatan bahwa setiap implementasi ecommerce harus unik tidak ada dua bisnis yang serupa. Arsitekturnya berupa modul yang mudah dikontrol dan tidak ada batasan pada alur dan proses bisnis.
  • Zen Cart, sudah banyak digunakan oleh pebisnis online yang ingin menjual dagangannya karena CMS ini sangat lengkap. Mengusung slogan "putting the dream of business ownership within reach of anyone!" sangat cocok bagi Anda yang ingin langsung terjun ke bisnis online. Software ini dikembangkan oleh kelompok pemilik toko, programmer, designer, dan konsultan yang berpikir bahwa e-commerce dapat menjadi dan seharusnya dikerjakan dengan cara beda. Zen Cart menempatkan merchant's ( pemilik toko ) dan shopper's ( pembeli ) menjadi kebutuhan pertama. Dengan kemampuan yang sama, aplikasi lain harus diinstall dengan kemampuan IT yang tinggi, tetapi dengan CMS ini setiap orang yang memiliki dasar IT yang sedikit pun bisa melakukannya.
  • Opencart, Sebuah solusi ecommerce yang lengkap untuk keperluan bisnis online Anda. Merupakan generasi berikut dari sistem ecommerce yang kaya akan fitur
  • osCommerce, CMS ini sangat populer digunakan oleh pebisnis online yang ingin menjual dagangannya secara elektronik. osCommerce menjadi leading solusi toko online yang berbasis open source yang tersedia secara gratis dibawah GNU General Public License. Kaya akan fitur keluar dari cara pandang penjualan online secara umum yang memiliki fungsi-fungsi yang mudah sehingga pemilik toko dapat mensetup, memaintain toko online dengan usaha minim dan tanpa biaya maupun batasan.
  • Freeway, Freeway adalah platform ecommerce paling maju dan menyertakan fitur yang tak ditemukan di sistem komersial yang paling mahal sekalipun. Tanpa harus mengeluarkan biaya pembelian dan membayar developer untuk membangun instalasi standar, freeway memberikan semua kebutuhan Anda dengan mudah.
  • cpCommerce, Solusi ecommerce open source yang dimaintain dengan menggunakan template dan modules. Menggabungkan beberapa utilitas yang ditemukan di script-script free ecommerce lainnya.
  • osCSS, Merupakan toko online standart dengan struktur desain didasarkan pada sistem template, mudah dikustom dan dikembangkan dengan menggunakan CSS/XHTML
Selain CMS open source yang mengkhususkan dirinya sebagai ecommerce, CMS lain berbentuk Portal yang populer seperti Wordpress, Drupal, maupun Joomla pun memiliki komponen yang bisa ditambahkan sebagai ecommerce. Bagaimana caranya menggunakan CMS Portal tersebut sebagai Toko Online nanti akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Kalau Anda ingin mencoba melihat-lihat beberapa CMS open source yang populer, jangan lupa untuk mengunjungi situs http://www.opensourcecms.com/

No comments:

Post a Comment